ANALISIS DISTRIBUSI PRODUK BUAH-BUAHAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA UD. SUMBER MANGGA CIREBON
Nunung Nurnilasari; Adie Irwan Kusumah; Dadi Koswara
Abstract
Perusahaan UD. Sumber Mangga merupakan salah satu yang bergerak dibidang holtikultural. Dalam memuaskan pelanggannya, mengefesienkan waktu dalam pendistribusiannya adalah hal yang sangat penting agar gizi dan nilai ekonomisnya terjaga, kondisi tersebut menuntut para pengusaha di bidang ini untuk terus berupaya dan menerapkan strategi yang efektif agar dapat mempertahankan atau memuaskan konsumennya supaya meningkatkan penjualan perusahaan sehingga dapat memenangkanlpersaing dengan perusahaan lainnya.
Penelitian ini bertujuan menganalisa seberapa efektif strategi distribusi terhadap epuasan pelanggan produk UD. Sumber Mangga. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen UD. Sumber Mangga, dengan sampel sebanyak 66 responden dan menggunakan teknik sampling incidental.
Metode penelitian ini adalah metode asosiatilf Metode asosiatif mempakan metode penelitian yang bertujuan untuk mengetahui dua variabel atau lebih, dengan penelitian ini maka akan dapat membangun suatu teori yang dapat berfungsi untuk menjelaskan, meramalkan, dan mengontrol suatu gejala. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, kuesioner dan Studi pustaka.
Berdasarkan perhitungan koelisien korelasi dihasilkan nilai 0,677 termasuk kategori kuat. Pengujian Hipotesis statistik dengan menggunakan uji t diperoleh t-hitung 7,368 yang kemudian dibandingkan dengan t-tabel pada tingkat kesalahan 5% uji dua fihak dan dk=n-2=66-2=64 (diperoleh t-tabel l,998). Oleh karena itu t hitung lebih besar dari pada ttabel maka disimpulkan bahwa koeflsien korelasi sebesar 0,677 signifikan. Koefisien determinasi sebesar 45,8%, yang mengandung makna bahwa kepuasan pelanggan dipengaruhi faktor distribusi sebesar 45,8%. Regresi linier dihasilkan persamaan Y = l2,06 + 0,57X yang mengandung makna apabila nilai X dinaikan satu satuan, maka nilai Y akan naik sebesar 0,57.